UNEJ FILM FESTIVAL

Uneffenture School 2024: Inspirasi bagi Sineas Muda di Jember

Uneffenture School 2024 baru saja digelar, sambutan dari undangan pelajar SMA/SMK sederajat tampak antusias. Dengan selesainya acara pertama pra-festival yaitu Uneffenture School, UNEFF 2024 resmi mengenalkan diri kembali dengan tema indigeneity

Uneffenture School, yang dikenal juga sebagai Roadshow Sekolah diadakan secara bergilir di setiap sekolah SMA/SMK sederajat Jember pilihan UNEFF. Kali ini Uneffenture School diadakan langsung di gedung Soetardjo, Universitas Jember pada 15 Oktober 2024, dimulai pukul 10.00 WIB. Hal ini sekaligus mengajak para pelajar untuk lebih mengenal lingkungan Universitas Jember, dimana UNEFF dilahirkan. 

Salah satu siswa Muhammadiyah 3 Jember menyampaikan bahwa setelah mengikuti rangkaian acara Uneffenture School, dirinya terinspirasi untuk mengambil peran sebagai sineas. Menurutnya acara ini sangat seru, khususnya ketika penayangan film Summa Lara yang mampu membawa kehadiran tokoh seorang anak diabaikan oleh sosok orang tuanya. Dirinya menambahkan bahwa film merupakan media yang relevan untuk mengekspresikan kearifan lokal guna memajukan identitas bangsa. 

Dua siswi dari SMA Negeri 1 Jember juga turut memberi tanggapan kepada acara Uneffenture School. Keduanya mengapresiasi kedua film, dari segi pengambilan angle, lighting, audio, actor dan narasi yang dibawakan. Salah satunya menuturkan bahwa film Ngengkel dan Summa Lara memberikan pandangan bahwa sekecil apapun hidup itu pasti memiliki makna. Selain itu dirinya menjadi lebih tertarik untuk melanjutkan jenjang berikutnya pada jurusan Televisi dan Film. 

Tidak hanya siswa-siswi, salah satu pendidik dari SMK Negeri 5 Jember ikut berpartisipasi dalam acara pra-festival UNEFF pertama ini. Beliau sangat mengapresiasi adanya Uneffenture School, karena dapat mendorong minat para pelajar SMA/SMK sederajat Kabupaten Jember untuk menghasilkan karya film yang menarik. Menurut beliau, kedua film dalam acara ini sudah bagus. Film Summa Lara menjadi perhatian beliau dan menurut beliau layak diputar di bioskop. Beliau berharap di tahun berikutnya, acara ini lebih menginspirasi lebih banyak pelajar, terutama yang memiliki minat dan bakat dalam dunia perfilman, agar mau melanjutkan lebih serius di jenjang berikutnya.

Beberapa tanggapan dari siswa-siswi dan pendidik terkait Uneffenture School ini menunjukkan suksesnya acara ini berlangsung. Ini juga menjadi testimoni salah satu rangkaian acara UNEFF 2024 yang sangat layak untuk dinantikan. Maka dari itu, pantau terus situs resmi UNEFF 2024 dan rasakan keseruan dari rangkaian acara UNEFF berikutnya!  

Contact Person: 
Email: unejfilmfestival@unej.ac.id
No. Hp: 083119171888
Instagram: @uneffjember
Tiktok: @uneffjember
X: @uneffjember
Website: uneff.unej.ac.id

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Comments

No comments to show.